Mobil Hilang Karena Pencurian? Segera Ajukan Klaim Asuransi Sesuai Prosedur!

Sama halnya dengan produk asuransi yang ditawarkan perusahaan lain, asuransi kendaraan MSIG menjamin kerugian yang terjadi pada mobil, termasuk kehilangan akibat dicuri. Setiap jenis asuransi, termasuk total loss only dan all risk akan siap menanggungnya. Namun demikian, Anda tetap harus memeriksa kebijakan yang telah diberlakukan karena setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakannya masing-masing.

Selain itu, Anda juga perlu mempelajari langkah-langkah pengajuan klaim untuk mendapatkan ganti rugi dari kehilangan mobil kepada perusahaan asuransi. Berikut di antaranya:

  • Kontak atau datangi perusahaan asuransi

Langkah pertama yang harus segera Anda lakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi melalui telepon atau email. Akan lebih baik lagi Anda mendatangi langsung perusahaan asuransi untuk mengetahui prosedur yang bisa diambil dalam pengajuan klaim.

Pahami juga batas pelaporan kehilangan karena setiap perusahaan memiliki ketentuan berbeda. Biasanya, beberapa perusahaan asuransi  menetapkan batas waktu pelaporan maksimal 72 jam (3 hari), tetapi ada pula yang menerima laporan kehilangan dengan batas maksimal 120 jam (5 hari).

  • Menyusun BAK dari pihak kepolisian

Berita Acara Kehilangan (BAK) dari pihak kepolisian harus segera dibuat. Batas waktu pelaporannya pun lebih singkat, yakni sekitar 1×24 jam setelah mobil hilang. Setelah membuat BAK, kepolisian akan langsung memblokir semua dokumen yang berhubungan dengan kendaraan Anda. Selain itu, mereka juga akan meminta dua saksi untuk pemeriksaan sebelum mengeluarkan surat kehilangan dan pelaporan kemajuan terkait kasus pencurian tersebut.

  • Siapkan surat resmi dari Kepala Direktorat Reserse

Surat resmi yang diterbitkan Kepala Direktorat Reserse adalah salah satu dokumen yang dijadikan persyaratan apabila Anda ingin mengajukan klaim asuransi. Untuk membuatnya, diperlukan sejumlah dokumen untuk memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan.

Sejumlah dokumen yang harus Anda siapkan adalah fotokopi KTP dan BPKB, fotokopi faktur saat kendaraan dibeli, fotokopi polis asuransi, fotokopi tanda laporan dari pihak kepolisian, dan surat-surat asli daftar pencarian barang, serta pengantar asli dari perusahaan asuransi.

  • Siapkan dokumen penting untuk mengajukan klaim

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa melanjutkannya dengan mengajukan klaim kehilangan kendaraan kepada perusahaan asuransi. Proses pertanggungan dan pengklaiman pada tahap ini membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan sejak klaim diajukan.

Adapun dokumen penting yang harus Anda serahkan seperti polis asli, berkas asli (STNK, BPKB, dan faktur pembelian kendaraan), fotokopi SIM pengemudi dan KTP tertanggung sesuai nama di STNK, kunci asli atau cadangan, BAK, surat pemblokiran, dan keterangan resmi Kepala Direktorat Reserse.

Itu dia beberapa syarat pengajuan klaim asuransi jika mobil Anda hilang karena dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu, timbul pertanyaan, bagaimana jika mobil yang hilang masih dalam masa kredit? Prosedur yang dilewati tak jauh berbeda. Namun, akan lebih baik jika Anda menanyakannya langsung kepada perusahaan asuransi supaya pengajuan klaim kehilangan kendaraan berjalan aman dan tak terkendala.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda.